KERAJAAN KUTAI (ABAD KE 5 M)


Kerajaan Kutai merupakan sebuah kerajaan yang sangat besar di masa lampau, dengan kejayaan dan waktu berdiri kerajaan yang sangat panjang. Kerajaan Kutai ini terletak di pulau kalimantan.

Sejarah kerajaan Kutai

Dengan masa atau waktu berdiri dan kejayaan dari kerajaan Kutai yang sangat lama, maka membuat kerajaan kutai memiliki raja-raja yang sangat banyak, turun-temurun dari masa ke masa. Dan memang kerajaan Kutai ini merupakan kerajaan yang sangat besar di bumi nusantara.
Kerajaan Kutai yang terletak di pulau Kalimantan, dan tepatnya pada sebuah pulau yang sangat besar di Negara Indonesia (yang dahulu terdiri dari banyak kerajaan). Berdasarkan informasi yang ada diperoleh dari Yupa / prasasti dalam tradisi upacara pengorbanan yang berasal dari abad ke-4. Ada tujuh buah yupa yang menjadi sumber utama bagi para ahli dalam menginterpretasikan sejarah Kerajaan Kutai.

Yupa merupakan sebuah tugu batu yang memiliki sebagai tugu peringatan yang dibuat oleh para brahman atas kedermawanan raja Mulawarman. Dalam agama hindu juga sapi merupakan hewan yang menjadi kebanggakaan mereka, sehingga dalam Agama Hindu sapi tidak disembelih,

Berbeda dengan ibadah umat islam saat merayakan salah satu dari 2 hari raya yang umat islam miliki, yaitu hari raya Idul Adha dengan melakukan ibadah dengan menyembelih hewan kurban yang dilakukan umat islam, hewan yang disembelih seperti kambing dan sapi untuk kemudian dibagikan kepada banyak umat islam, terutama umat islam yang miskin.

Dari salah satu yupa yang ditemukan, para sejarahwan mengatakan bahwa raja yang memerintah kerajaan Kutai saat itu adalah Mulawarman. Namanya dicatat dalam yupa karena kedermawanannya menyedekahkan 20.000 ekor sapi kepada kaum brahmana.

Hal ini dapat diketahui dari Buku Sejarah Nasional Indonesia II: Zaman Kuno yang ditulis oleh Marwati Djoened Poesponegoro dan Nugroho Notosusanto yang diterbitkan oleh Balai Pustaka halaman 36. Isinya (Artinya):
“ Sang Mahārāja Kundungga, yang amat mulia, mempunyai putra yang mashur, Sang Aśwawarmman namanya, yang seperti Angśuman menumbuhkan keluarga yang sangat mulia. Sang Aśwawarmman mempunyai putra tiga, seperti api (yang suci).
Yang terkemuka dari ketiga putra itu ialah Sang Mūlawarmman, raja yang berperadaban baik, kuat, dan kuasa. Sang Mūlawarmman telah mengadakan kenduri (selamatan yang dinamakan) emas-amat-banyak. Untuk peringatan kenduri (selamatan) itulah tugu batu ini didirikan oleh para brahmana."
Surat atau tulisan peninggalan dari kerajaan kutai di atas tersebut sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, setelah sebelumnya diterjemahkan dari bahasa pada masa tersebut (karena pada masa tersebut belum terdapat bahasa Indonesia), tulisannya juga jauh berbeda dengan tulisan di jaman ini.

Demikian pembahasan kita tentang sedikit dari sejarah kerajaan Kutai, semoga dapat brmanfaaat. Setelah ini kita akan membahas tentang siapa saja yang pernah menjadi raja di Kerajaan Kutai.

Edisi lengkap sejarah Kerajaan kutai
KERAJAAN KUTAI (ABAD KE 5 M) (Anda berada di halaman ini)
RAJA-RAJA KERAJAAN KUTAI