Keadaan Kerajaan-kerajaan Di Indonesia Pada Abad Ke-5 M


Sejarah Negara Indonesia pada masa kerajaan memiliki sejarah yang cukup panjang, terutama saat negara Indonesia di masa lampau yang masih berbentuk beberapa kerajaan.

Kerajaan-kerajaan di Indonesia Abad ke-5

Negara indonesia memiliki pulau-pulau yang sangat banyak dan luas negara Indonesia sangat besar. Dengan daerah yang sangat luas, dan memiliki pulau-pulau yang sangat banyak, sehingga daerah Indonesia dan Malaysia di masa lampau memiliki kerajaan-kerajaan yang sangat banyak.

Berdasarkan dari perkataan / peninggalan dari para cendekiawan dari India telah menulis tentang Dwipantara atau kerajaan Hindu Jawa Dwipa di pulau Jawa dan Sumatra sekitar 200 tahun sebelum Masehi (SM). Sehingga ini memang menjadi sebuah informasi awal dari sejarah kerajaan di Indonesia yang cukup beharga untuk diteliti oleh orang di jaman ini, atau jaman setelahnya.

Berdasarkan sejarah, Agama Hindu masuk ke Indonesia diperkirakan pada awal tarikh Masehi, dibawa oleh para musafir dari India, mereka antara lain bernama Resi Agastya, yang di Jawa terkenal dengan sebutan Batara Guru atau Dwipayana dan juga para musafir dari Tiongkok yakni musafir Budha Pahyien.

Dan pada Sekitar Tahun 300 Masehi, Kerajaan-kerajaan di Indonesia atau lebih luas di Asia Tenggara, berdasarkan cerita dari para sejarahwan telah melakukan hubungan dagang dengan India. Hubungan dagang ini semakin berkembang pesat pada abad ke-2 M.

Barang-barang yang diperdagangkan dalam seperti logam mulia, perhiasan, kerajinan, wangi-wangian, obat-obatan. Sehingga dengan sejarah tersebut, dapat diambil faedah bahwa sekitar 20 Abad lebih telah diketahui bahwa orang-orang dari daerah timur seperti India, telah dapat berpergian menuju daerah yang sangat jauh (Asia tenggara termasuk Indonesia).

Sehingga lebih dari 20 Abad yang lalu, orang-orang sudah dapat berpergian melalui jalur laut. Waktu 20 abad yang disebukan merupakan waktu minimal, mungkin 25 Abad bahkan lebih orang-orang di jaman tersebut sudah dapat berpergian melalui jalur laut.

Dengan melakukan perdagangkan seperti kayu cendana, kapur barus, cengkeh. Maka lama-kelaman hubungan dagang ini akhirnya memberi pengaruh yang besar bagi penduduk yang berada di Indonesia dan Malaysia pada masa tersebut, seperti sistem pemerintahan salah satunya, dan pengaruh terakhir adalah masuknya ajaran Hindu dan Budha.

Sekitar tahun 400 M ajaran Hindu dan Budha semakin berkembang pesat berkembang di Indonesia, hal ini diketahui dari peninggalan-peninggalan pada masa itu yang ditemukan pada masa ini, peninggalan-peninggalan tersebut seperti candi, patung, prasasti, seni ukir, barang-barang logam.

Berbagai hal dapat dijadikan bukti dari adanya dua kerajaan bercorak Hindu yaitu sekitar abad ke-5, yaitu Kerajaan Tarumanagara yang menguasai Jawa Barat dan Kerajaan Kutai di pesisir Sungai Mahakam, Kalimantan

Demikian pembahasan singkat tentang sejarah keadaan kerajaan-kerajaan di Indonesia pada abad ke-5 ini semoga dapat bermanfaat.

Baca juga sejarah kerajaan:

Kerajaan Sriwijaya Di Jawa Dan Sumatera
Kerajaan Sriwijaa merupakan kerajaan besar yang sudah ada sejak abad ke ke-7 masehi

Kerajaan Pagaruyung Di Sumatera Barat
Kerajaan Pagaruyung berdiri pada abad ke-14, kerajaan ini terletak di Sumatera Barat.

Sejarah Kerajaan Kalingga Di Jawa Tengah
kerajaan Kalingga merupakan kerajaan yang terletak di daerah pulau Jawa, tepatnya berada di Jawa tengah bagian utara.

Sejarah Dan Raja-raja Kerajaan Tarumanagara Di Jawa Barat (Abad ke-4)
Kerajaan Tarumanagara merupakan kerajaan yang sudah sangat lama, seperti halnya kerajaan Kutai di kalimantan yang juga sudah ada pada abad ke-5.

KERAJAAN KUTAI (ABAD KE 5 M)
Kerajaan Kutai merupakan sebuah kerajaan yang sangat besar di masa lampau, dengan kejayaan dan waktu berdiri kerajaan yang sangat panjang. Kerajaan Kutai ini terletak di pulau kalimantan.


Pengunjung Lain Juga Menyukai: